Jumat, 13 Januari 2017

Manajemen Memori

- Apa itu manajemen memori? Manajemen memori adalah suatu kegiatan untuk mengelola memori pada komputer. Proses manajemen memori menyediakan berbagai cara mengalokasikan memori untuk proses atas permintaan mereka, membebaskan untuk digunakan kembali ketika tidak lagi diperlukan serta menjaga alokasi ruang memori bagi proses.
Manajemen memori utama sangat penting untuk sistem computer dan penting untuk memproses masukan dan keluaran (I/O) secara efisien, sehingga memori dapat menampung sebanyak mungkin proses dan sebagai upaya agar pemogram atau proses tidak dibatasi kapasitas memori fisik di sistem komputer.

Fungsi Manajemen Memori Pada Sistem Komputer

Manajemen memori mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. Fungsi-fungsi menejemen memori tersebut adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan kinerja CPU. Lebih lengkap baca Pengertian CPU dan Fungsinya
2. Dapat meningkatkan kecepatan akses Central Processor Unit terhadap data dan instruksi. Sehingga data dan instruksi dapat diakses dengan cepat oleh CPU. Lebih lengkap baca ; Pengertian Processor dan Fungsinya
3. Dapat menghemat pemakaian memori  yang terbatas.
4. Menghemat waktu transfer atau perpindahan data dari atau ke memori utama dan dari atau ke CPU.
5. Mengelola informasi yang digunakan dan tidak digunakan.
6. Mengalokasikan memori ke proses yang memerlukan.
7. Mendealokasikan memori dari proses telah selesai.
8. Mengelola swapping atau paging antara memori utama dan disk.

Jenis-Jenis Memori Komputer

Pada prinsipnya memori yang ada dalam sistem komputer dapat dibedakan menjadi memori kerja dan memori backling store.  Memori Kerja mempunyai tugas utama untuk menampung pekerjaan pada saat sebelum atau sesudah pekerjaan itu dilaksanakan oleh prosesor. Memori kerja juga mampu menampung semu hal yang diperlukan prosesor. contohnya sistem operasi, sistem bahasa, catatan.
Beberapa Contoh memori kerja untuk memori tetap adalah:

ROM atau Read Only Memory. Baca Perbedaan RAM dan ROM
PROM atau Programmable ROM
EPROM atau Electrically PROM
EPROM atau Erasable EPROM
Registe mikroproseso
Pengertian Manajemen Memori Pada Sistem Operasi

Sementara itu Contoh memori kerja untuk memori bebas adalah :
1. RAM
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM merupakan memori yang dapat diisi dan dapat  dibaca. Ciri utama RAM adalah dapat diisi dengan informasi terbaru dan isi memori akan hilang jika daya dimatikan. Lebih lengkap baca Pengertian RAM dan Fungsinya.

2. Cache memory
Cache memory adalah Memori yang mempunyai kapasitas kecil namun berkecepatan tinggi. Cache memory dipasang diantara prosesor dan memori utama. Instruksi dan data yang sering diakses oleh prosesor akan ditempatkan dalam chace sehingga dapat lebih cepat diakses oleh prosesor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar